Resistance Check pada Pengujian Fuel Sender

Tantangan: Merancang suatu aplikasi otomasi test dengan time efficient dan cost effective untuk unit hasil produksi (Fuel Sender). Solusi Menggunakan Graphical Programming Method untuk mempersingkat waktu produksi Salah satu kebutuhan customer kami adalah dapat menguji nilai resistansi dari suatu Fuel Level Sensor (FLS) dalam suatu aplikasi. Haliatech sebagai perusahaan penyedia...
Resistance Check pada Pengujian Fuel Sender

Tantangan:

Merancang suatu aplikasi otomasi test dengan time efficient dan cost effective untuk unit hasil produksi (Fuel Sender).

Solusi

Menggunakan Graphical Programming Method untuk mempersingkat waktu produksi

Salah satu kebutuhan customer kami adalah dapat menguji nilai resistansi dari suatu Fuel Level Sensor (FLS) dalam suatu aplikasi. Haliatech sebagai perusahaan penyedia solusi engineering diharapkan untuk membuat suatu aplikasi di mana proses test produk dapat berjalan dalam waktu yang efficient sehingga biaya produksi dapat dioptimalkan.

Prinsip kerja dari Fuel Gauge terletak pada dua komponen utamanya yaitu pelampung dan potensiometer yang menghubungkannya. Seperti dalam gambar pelampung akan melayang ketika tingkat bahan bakar naik. Saat level dalam tangki berubah, demikian juga nilai resistansi potensiometer.

Untuk mengujinya, kita perlu mensimulasikan posisi pelampung dan membaca nilai resistansi. Kami telah merancang solusi menjadi beberapa bagian utama, yaitu:

  1. Software applikasi yang memuat algoritma yang tepat dan efficient memuat pengambilan data, analisis dan recording ke dalam data base, serta user interface yang mudah dipahami oleh operator produksi
  2. Hardware Digital Multi Meter (DMM) untuk komunikasinya. Dengan menggunakan DMM dalam sistem tersebut terdapat 2 metode pengukuran resistansi yaitu:
    • Metode 2-Wire : Metode 2-wire biasa digunakan karena paling mudah dan jelas. Dengan metode ini, pengukuran yang akurat dapat diperoleh untuk nilai resistansi diatas 100 kΩ.
    • Metode 4-Wire : Untuk pengukuran pada resistansi dibawah 100 kΩ dengan menggunakan metode 4-wire lebih akurat dibanding dengan metode 2-wire. Metode ini memerlukan 4 test probe lead dan lebih banyak pengkabelan.
Metode 2-Wire
Metode 4-Wire

Aplikasi ini memuat beberapa fungsi utama, diantaranya:

1. User Level Access
Terdapat beberapa user level untuk mengakses aplikasi ini yaitu Operator, Leader dan Administrator Engineering.
2. Menu Test
Ini adalah menu utama untuk user dapat melakukan pengujian UUT (Unit Under Test) setelah terpasang pada jig dan test probe lead telah terkoneksi.

Menu Test

3. Menu Pengaturan
Menu ini berfungsi untuk mengubah pengaturan pada software sehingga user dapat menentukan UUT yang mau diuji.
4. Menu Laporan
Pada menu ini user dapat melihat laporan pengujian UUT yang telah dilakukan.
5. Menu Akses
Berfungsi untuk melihat dan memodifikasi user.

Menu Akses

Pada akhirnya Haliatech telah berhasil membuat aplikasi otomasi test dengan time efficient dan cost effective sehingga optimasi produksi dapat ditingkatan secara significant.

Jika anda memiliki pertanyaan seputar aplikasi ini atau solusi umum untuk pengguna produk NI, silakan menghubungi kami di sales@haliatech.com

Author Information:

Mukhrizi

Haliatech, Alliance Partner of National Instruments

Bekasi – Indonesia

(+6221) 85508561

mukhrizi@haliatech.com

Leave a reply